Live Multi Camera Talkshow

Halo, Sobat Mojo!
Siapa bilang merekam sebuah talkshow harus menggunakan peralatan banyak dan berat? Seiring perkembangan zaman dan dengan memaksimalkan teknologi, gawai pun dapat digunakan sebagai multicamera sehingga dapat mengambil video dari berbagai angle yang ada. Inilah yang dilakukan oleh Tim BelajarMojo pada karya kali ini.

Pertama, inilah alat yang dibutuhkan untuk melakukan hal yang serupa.

Perangkat Keras

Perangkat Lunak

Aplikasi Switcher Studio

Dengan peralatan tersebut, maka dihasilkan gambar yang baik juga dengan rekaman suara yang mumpuni dan layak untuk diproduksi. Satu orang memegang satu iPhone sebagai kamera, dan satu orang mengoperasikan iPad untuk menjadi switcher. Selain itu, tentunya talent pun dibutuhkan dalam membuat sebuah talkshow.

Empat iPhone sebagai kamera tersebut tentunya kami posisinya sedemikian rupa untuk mengambil gambar yang berbeda-beda. Dua iPhone menggunakan tripod di bagian kiri dan kanan. Satu iPhone di bagian paling belakang agar dapat menampilkan gambar aktivitas Tim BelajarMojo secara keseluruhan, mulai dari talent, sampai dengan kamerawan dan switcher. Tiga iPhone ini menggunakan tripod dan diapit dengan Ulanzi F Mount agar stabil. Dua iPhone di depan menggunakan lighting tambahan dengan Aputure Amaran AL-M9 yang ditempelkan dengan Ulanzi F Mount-nya. Satu unit iPhone sisanya digunakan untuk mengambil gambar berjalan, tentunya memakai DJI Osmo Mobile sebagai stabilizer. Kamera ini bertugas mengambil angle yang lebih beragam dibanding dengan dua kamera di kiri dan kanan. Dengan ruang gerak yang tinggi tentunya kamera ini pun dapat bereksplorasi lebih luas, mulai dari panning, tilt, sampai dengan pengambilan gambar secara close up bahkan semi-close up.

Sedangkan untuk aplikasi Switcher sendiri merupakan sebuah aplikasi yang menawarkan kemudahan sang switcher untuk mengganti gambar dari satu kamera menuju kamera lainnya. Saat kami menuliskan artikel ini, aplikasi Switcher baru tersedia bagi pengguna iOS melalui App Store. Baik iPad dan iPhone yang digunakan, semuanya harus di-install aplikasi Switcher. Bedanya, iPad dijadikan switcher karena layar besarnya. Hal ini dapat dilakukan dengan menekan “Use as Switcher” saat membuka aplikasi pertama kali, sementara iPhone lainnya menjadi remote camera, cukup dengan memilih “Remote Camera Mode”. Lalu, cari atau masukkan kode kamera dari masing-masing iPhone di Switcher iPad, dan voila, seluruh kamera terhubung, bahkan kamera iPad yang dijadikan switcher sekalipun dapat digunakan.

Sang switcher sendiri dapat melihat gambar apa yang diambil oleh masing-masing kamera dan ialah yang menentukan kamera mana yang akan ditampilkan dan direkam. Sebelum tayang di “Live Mode” sebelah kanan layar, satu kamera dapat disiapkan untuk berada di “Preview Mode” di sebelah kiri layar. Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat lower third/character generator (CG). Berbagai template ditawarkan di aplikasi, tinggal bagaimana kita membuat CG tersebut sesuai dengan yang diperlukan.

Untuk suara sendiri, kami menggunakan clip-on microphone Sennheiser yang keduanya dijepit di kerah talent. Kedua suara ini nantinya dikirim transmitter dan diterima oleh masing-masing receiver. Alat ini tersambung dengan portable mixer yang terhubung pula ke iPad melalui iRig, sehingga suara yang masuk ke dalam iPad menjadi sangat jelas dan jernih.

Hasil gabungan audio dan video yang tampil di layar utama aplikasi Switcher pada iPad lantas dapat langsung disiarkan secara langsung (live) melalui situs YouTube, atau bahkan Facebook sekalipun. Sobat Mojo cukup mencari tombol dengan simbol “Outputs” di bagian bawah layar dan memilih media sosial mana yang akan digunakan. Jika tidak ingin menyiarkannya, Sobat Mojo dapat merekamnya dengan menekan tombol merah di kanan atas layar.

Penggunaan alat-alat ini sangat praktis dan otomatis mengeliminasi ruang yang dibutuhkan untuk alat serupa yang biasanya dipakai oleh stasiun televisi untuk melakukan live talk show. Kini, studio televisi dan alat-alat besarnya pun dapat hadir melalui genggaman saja.